Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhu'afa Mitra Muzaki

Berdayakan Petani Timun di Pangkalan Bun

Berdayakan Petani Timun Di Pangkalan Bun

Sore yang cerah mengantarkan Amil NF Zakat Center berangkat bersama-sama untuk silaturahim menuju kediaman pak Sukardi. Liak liuk jalan menambah seru perjalanan. Sesaat setelah tiba, tim kembali disuguhi pemandangan rumah sederhananya yang nampak damai, tepatnya di desa Batu Belaman, Pangkalan Bun.

Pak Sukardi tinggal bersama istrinya, Nurjannah, dan 2 orang anaknya yang masih sekolah. Ketika tim datang pak Sukardi tengah berada di kebun mentimun belakang rumah, istrinya berinisiatif untuk memanggil sang suami namun kami menghentikan langkahnya sejenak untuk meminta beliau mengajak serta kami ke kebun belakang rumah yang nampak hijau segar dari kejauhan.

Nurul Fikri Zakat Center

Lahan yang dimanfaatkan pak Sukardi untuk berkebun sebenarnya bukanlah bukan miliknya, dirinya meminjam tanah tersebut dari seseorang untuk ditanami sayur-sayuran yang nantinya dijual guna memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

Nampak terkejut raut wajah pak Sukardi disertai senyum spontan yang tak mampu ditahan melihat tim tiba-tiba sudah menyapanya ditengah kebun. Bagai sebuah reuni, suasana kebun mentimun mendadak ramai oleh tawa dan cerita selama tidak bertemu.

Mentimun pak Sukardi sudah mulai berbuah. Ini adalah bakal panen yang kesekian kalinya setelah sebelumnya alhamdulillah selalu berhasil panen. Apa yang beliau dapat dan upayakan sampai hari ini bukan tanpa hambatan, beliau sempat mengalami gagal bercocok tanam jagung sebelum membudidayakan mentimun seperti saat ini.

Ujian-ujian lain hadir seperti kesusahan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari datang silih berganti hingga seorang dermawan mengantar amil NF Zakat Center bertemu sosok beliau yang ingin berdaya dan diberdayakan melalui komitmen pembinaan dan pendampingan.

Dari hasil menjual mentimun langsung dijual ke pasar. Kini ekonomi beliau mulai membaik bahkan sudah bisa membeli motor yang digunakannya untuk membantu proses membawa hasil panen.

BACA JUGA :  NF Zakat Center Salurkan Bantuan Banjir Kotim

Kini dengan motornya pak Sukardi bisa lebih lega karena cukup terbantu untuk mengangkut mentimun ke pasar, mengangkut pupuk dan usaha lainya. Meskipun kuda besinya tersebut masih jauh dari kata layak pakai, namun setidaknya semangatnya dan usahanya kini semakin terpantik untuk terus maju dan menjadi lebih baik.

Pak Sukardi adalah petani yang mendapatkan pembinaan di bidang ekonomi dariĀ NF Zakat Center. Banyak kegiatan pembinaan yang dilakukan kepada beliau termasuk salah satunya praktek menjual langsung hasil panen ke pasar.

"Alhamdulilah sekarang kehidupan kami ada perubahan, meski sedikit-sedikit, paling tidak kebutuhan pokok sehari-hari untuk makan dan biaya sekolah anak kami terpenuhi" ujar pak Sukardi di sela pembicaraannya dengan tim.

Semoga kegiatan pemberdayaan umat mandiri ini bisa terus terlaksana dari derma para dermawan dan turut mampu mencetak penerima manfaat menjadi pemberi manfaat pada masanya nanti.

Kunjungi kantor kami terdekat di kota Anda yang tersebar di hampir seluruh kabupaten di Kalimantan Tengah

Rekening donasi:
536 000 0004
BNI Syariah an. Nurul Fikri Zakat Center

Kirimkan halaman kami kepada teman-teman anda via facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *