Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhu'afa Mitra Muzaki

LAZ Se-Kalteng Sepakat Bentuk FOZ

LAZ Se-Kalteng Sepakat Bentuk FOZ
Membangun Kolaborasi Gerakan Zakat Dalam Kemanusiaan dan Kebencanaan

Berbagai tragedi kemanusiaan dan fenomena kebencanaan dewasa ini masih sering kita saksikan terjadi di belahan-belahan dunia termasuk di Indonesia khususnya di Kalimantan Tengah. Terlepas dari apa saja penyebabnya, masyarakat patut mawas diri dengan membuat persiapan-persiapan menghindari dan menghadapinya.

Di Kalteng banjir bulan Januari telah merendam 5 kecamatan di kabupaten Kotim, sebelumnya juga terjadi di kabupaten Katingan dan belum lama juga kabut asap menyelimuti udara seluruh kawasannya. Sementara itu angka kemiskinan didaerah yang juga dikenal dengan sebutan Tambun Bungai masih sangat tinggi yaitu 480.000 jiwa.

Masalah kemanusiaan dan kebencanaan hendaknya memang jadi perhatian utama. Oleh sebab itu NF Zakat Center menginisiasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema kolaborasi gerakan zakat dalam program bantuan kemanusiaan dan kebencanaan. Kegiatan FGD diikuti oleh 4 LAZ diantaranya LASIZMU, (BMM) MUAMALAT, Lazis BNI Syariah dan NF Zakat Center. Selain itu turut hadir dari perwakilan ormas dan OKP dalam kegiatan tersebut diantaranya Wahdah Islamiyah, KAMMI, ODOJ dan lain-lain.

Turut hadir sebagai pembicara dalam FGD tersebut Wakil Ketua BAZNAS Kalteng Drs. Yamin Mukhtar, Lc, M.Pdi dan KH. Amanto Surya Langka, Lc selaku sekretaris MUI Kota Palangka Raya.

Pada sesi workshop dan diskusi setiap perwakilan LAZ maupun organisasi yang hadir memandang perlu untuk membentuk forum zakat untuk menyatukan langkah dalam tanggap isu kemanusiaan dan bencana. Pada saat itu juga disepakati untuk menjadi pengurus inti adalah masing-masing perwakilan LAZ dengan melibatkan seluruh organisasi yang hadir sebagai anggota forum.

Informasi ini menarik bagi Anda?

Daftarkan email Aktif Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami seperti di atas. InsyaAllah, kami menjaga data Anda dengan sangat aman.

BACA JUGA :  Sambut Ramadhan dengan Bersih - Bersih Masjid
Kirimkan halaman kami kepada teman-teman anda via facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *