Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhu'afa Mitra Muzaki

NF Beri Pelayanan Kesehatan Pasca Banjir Tumbang Rungan

NF Beri Pelayanan Kesehatan Pasca Banjir Tumbang Rungan

whatsapp-image-2016-11-28-at-9-15-22-am

Hujan deras yang mengguyur kota cantik Palangkaraya selama beberapa hari telah mengakibatkan beberapa daerah terendam Banjir. Adalah Tumbang Rungan sebuah kelurahan diperbatasan Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau yang menjadi salah satu kawasan terdampak genangan banjir air sungai Kahayan yang meluap. Banjir menggenangi Tumbang Rungan hingga jalan lintas trans Kalimantan yang mengakibatkan terkendalanya arus lalu lintas.

Memang banyak kerugian yang disebabkan banjir tersebut, salah satunya adalah masalah kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum jika terjadi banjir dan hujan terus-menerus maka warga yang bermukim di daerah terdampak akan mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit gangguan kulit, flu, demam, pilek dan lain sebagainya.

Melihat kondisi tersebut NF Zakat Center melalui program Disaster Risk Management (DRM) melakukan aksi tanggap darurat dengan melaksanakan bakti sosial memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kelurahan Tumbang Rungan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (16/11) lalu bertempat di kediaman bapak Martinus, ketua RT 1 kelurahan Tumbang Rungan. Pelayanan kesehatan melibatkan relawan tim medis dari RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya yang terdiri atas 3 dokter, 2 perawat, 1 bidan, 1 ahli radiologi dan 1 orang tenaga administrasi. Selain menjadi relawan medis mereka juga memberikan beberapa paket bantuan seperti mie instan, sarden kaleng, pakaian layak pakai dan buku bekas yang ramai jadi rebutan anak-anak selepas mereka pulang dari sekolah.

Selain pelayanan kesehatan NF Zakat Center juga memberikan santunan berupa paket sembako kepada 5 orang jompo yang kesemuanya telah berusia lebih dari 1 abad. Dengan suara yang sudah tidak terdengar dengan jelas mereka coba ungkapan rasa terimakasihnya. Acara diakhiri dengan makan bersama, crew NF, relawan medis dan perangkat kelurahan setempat dengan penuh khidmat.

BACA JUGA :  Pesantren Becak - Mewujudkan Akhlaq Madani dan Rabbani Paman Becak
Kirimkan halaman kami kepada teman-teman anda via facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *