Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhu'afa Mitra Muzaki

Sukses dengan Zakat Perniagaan

Sukses dengan Zakat PerniagaanAlhamdulillah senantiasa kami panjatkan rasa puji dan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala limpahan dan karunia yang telah Dia berikan kepada kita semua.

Banyak kesalah pahaman yang terjadi ditengah-tengah kaum muslimin ketika membahas tentang zakat perniagaan

Hari Jum’at (25/03) yang bertepatan dengan hari libur biasa dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk jalan-jalan atau rekreasi bersama keluarga, akan tetapi tidak dengan para bapak-bapak dan para ibu-ibu yang hadir di Rumah Makan Wong Solo Jalan A. Yani Sampit. Mereka memilih hadir dalam kegiatan yang bertajuk A Half Day Workshop yang digagas oleh NF Zakat Center.

Kebanyakan umat Islam sekarang mengira bahwa zakat perniagaan adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil atau keuntungan dari setiap transaksi yang telah mencapai haul dan nishobnya, padahal zakat perniagaan adalah zakat yang dikenakan atas barang-barang yang telah dimiliki, entah dengan cara membeli atau membuatnya untuk diperdagangkan.

Program A Half Day Workshop kali ini membahas tentang Sukses dengan Zakat Perniagaan . Tema ini bukan sekedar tema biasa, karena pada faktanya tema ini jarang dibahas oleh para da’i-da’i kita khususnya di kota Sampit. Oleh karena itu, sangat urgent khususnya para entrepreneur muslim mengetahui ketentuan fiqh terkait Zakat Perniagaan.

 

Banyak kesalah pahaman yang terjadi ditengah-tengah kaum muslimin saat membahas tentang zakat perniagaan. Seperti tidak mengetahui bagaimana sebenarnya konsep zakat perniagaan yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan fiqih zakat. Ini yang kemudian dibahas secara menyeluruh dalam acara ini yang berlangsung kurang lebih dua jam.

Sukses dengan Zakat Perniagaan - Nurul Fikri Zakat Center

Source : Dokumentasi Pribadi

Program ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat sampit, hal ini dibuktikan dengan minat masyarakat yang menghadiri seminar ini. Walaupun, sebenarnya persiapan acara ini hanya dua minggu saja.

BACA JUGA :  Recovery Korban Asap Kalteng

 

Ada 35 peserta yang hadir. Tidak hanya dari dalam kota, tetapi juga dari luar kota yaitu Samuda dan Parenggean ikut meramaikan agenda yang diadakan oleh NF Zakat Center cabang Sampit ini. Bahkan kebanyakan dari peserta mengikuti workhshop ini dengan mengajak anggota keluarganya masing-masing. Kemudian ada juga yang bersama-sama teman kelompok satu pengajian.

 

Menuntut ilmu pun menjadi sangat menyenangkan dengan gaya pembahasan yang khas serta contoh-contoh lugas yang diberikan oleh Ustadz Wirahadi, Lc. AMCF selaku pemateri pada seminar A Half Day Workshop kemarin. Pemahaman – pemahaman masyarakat yang masih salah berkaitan dengan zakat perniagaan dikupas dan diberikan pemahaman yang sesuai kaidah oleh Head Office NF Zakat Center Sampit.

 

Pada mulanya, beliau memulai materi dengan menjelaskan progress NF Zakat Center cabang Sampit sejak berdirinya tahun 2013. Kemudian, menyatakan bahwa sampai hari ini NF Zakat Center terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik yang tentu berkat kepercayaam serta dukungan  donatur dan berbagai pihak kepada Nurul Fikri Zakat Center.

 

Salah satu progress yang beliau sampaikan adalah tentang berbagai kegiatan dan program yang telah sukses dijalankan oleh NF Zakat Center diantaranya Program SeMaNgat 45, Khitanan Masal, Ahad Sehat On The Street, Rencana Pembangungan Ma’had Tahfidz Qur’an, Studi Islam dan Bahasa Arab serta Pemberdayaan Ekonomi Umat.

 

Ustadz Wirahadi kemudian menjelaskan tentang konsep rezeki dalam Islam. Hal-hal penting terkait rezeki dikupas tuntas oleh beliau. Beliau menjelaskan bahwa konsep rezeki dalam Islam terbagi menjadi 4 macam.

Sukses dengan Zakat Perniagaan - Nurul Fikri Zakat Center

Source : Dokumentasi Pribadi

Menurut pemahaman da'i AMCF ini, Sang Khaliq Allah SWT telah menjelaskan di dalam Al-Qur'an bahwa pertama, ada rezeki yang telah dijamin, kedua ada rezeki yang diusahakan, ketiga ada rezeki yang digantung, dan keempat ada rezeki yang dijanjikan. “Dengan memahami konsep tentang rezeki ini tentu manusia tidak perlu khawatir dalam menjalani kehidupan dunia” ujarnya dihadapan para peserta yang serius memperhatikan jalannya materi.

BACA JUGA :  Kecewa, Warga Pangkalanbun Sesalkan Sekolah Zakat

Memasuki materi inti tentang Sukses dengan Zakat Perniagaan, beliau memulai dengan menjelaskan kesalahan-kesalahan pemahaman masyarakat muslim terhadap zakat perniagaan.

Sukses dengan Zakat Perniagaan - Nurul Fikri Zakat Center

Source : Dokumentasi Pribadi

Kebanyakan umat Islam sekarang mengira bahwa zakat perniagaan adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil atau keuntungan dari setiap transaksi yang telah mencapai haul dan nishobnya, padahal zakat perniagaan adalah zakat yang dikenakan atas barang-barang yang telah dimiliki, entah dengan cara membeli atau membuatnya untuk diperdagangkan. Ringkasnya,“bahwa zakat perniagaan dihitung dari modal yang berputar untuk membeli barang yang diperdagangkan” terang ayah beranak satu ini

 

Diakhir mater, Ustadz Wirahadi menyampaikan kepada peserta semoga program A Half Day Workshop ini memberikan tambahan wawasan keislaman khususnya terkait zakat perniagaan, karena sebagai seorang muslim ini tentu kewajiban kita bersama untuk mengetahuinya.

 

Acara kemudian ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama para peserta dan semua kru NF Zakat Center cabang Sampit. Dan terakhir, para peserta yang telah puas mendengar penjelasan materi tentang zakat perniagaan dijamu makan siang bersama oleh Rumah Makan Wong Solo. (Zulkifli)

 

 

Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhuafa Mitra Muzakki

Kirimkan halaman kami kepada teman-teman anda via facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *