Nurul Fikri Zakat Center

Sahabat Dhu'afa Mitra Muzaki

TPA NF Mendawai Peringati Maulid Nabi Muhammad

TPA NF Mendawai Peringati Maulid Nabi Muhammad

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan belajar mengajar di TPA Nurul Fikri Mendawai (08/12) ditiadakan, karena para guru dan anak-anak telah merencanakan untuk mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallaallaahu 'alayhi wa sallaam.

Tema yang diangkat pada kesempatan kali ini adalah Meneladani akhlak Rasulullah Shallaallaahu 'alayhi wa sallaam. Agenda diisi oleh Muzammil Ilyas selaku Tim Pendayagunaan NF Zakat Center.

Disampaikan oleh pemateri bahwa bangkit dan runtuhnya suatu bangsa ditentukan oleh akhlak manusianya. Pendidikan akhlak itu mesti ditanamkan sejak dini, karena Rasulullaah sejak kecil sudah dikenal oleh masyarakat Quraisy sebagai Al-Amin, orang yang terkenal dengan kejujurannya. Inilah yang menjadi inti pokok dari akhlak itu, kemudian yang kedua adalah menepati janji bila berjanji, karna salah satu sifat orang munafik adalah ingkar apabila berjanji. Ketiga adalah amanah, amanah ini secara makna berarti aman, apabila ada orang yang menyuruh atau mengamanahkan kita sesuatu maka orang tersebut merasa aman. Contohnya, apabila orangtua mengamanahkan anaknya untuk datang belajar ke TPA maka orangtua merasa aman, karena anak tadi patuh dengan suruhan orangtua. Keempat adalah istiqomah, setelah menerapkan sikap jujur, menepati janji, dan amanah itu dalam kehidupan maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah istiqomah, terus menerus, tidak berhenti ditengah.

Maulid yang dilaksanakan di TPA Mendawai kali ini adalah hasil kerjasama guru, santri, dan para orangtua/wali santri. Mereka berkomitmen untuk bersama-sama hadir saat agenda, berbagi tugas membawakan acara, dan membawa makanan masing-masing untuk makan bersama. Bahkan ada santri yang merelakan makanannya untuk dibagi ketika melihat temannya ada yang tidak membawa makanan.

BACA JUGA :  NF Respon Cepat Dhuafa untuk Berobat
Kirimkan halaman kami kepada teman-teman anda via facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *